Makalah balon Dekan (yang meramaikan)

24 01 2008

Atas dorongan beberapa rekan untuk meramaikan, ditulislah makalah ini bersama, dan diberi judul:

Optimalisasi Produk Penelitian MIPA untuk
Peningkatan Kualitas Pendidikan,
Pelayanan Masyarakat & Kesejahteraan

outline.jpg

MAKALAH
CALON DEKAN 2008-20012DR. rer.nat. Martarizal

Jayalah MIPA-UI, Jayalah Pula Negeri
2008

Daftar Isi

1 Pendahuluan 2
2 Permasalahan Strategis 2
3 Visi dan Misi Fakultas 2
4 Sasaran Strategis 2
5 Gambaran Umum Aktifitas Strategis 2
6 Strategi Pencapaian 2
7 Indikator Kinerja Utama 2
8 LAMPIRAN 2
8.1 SWOT MIPA 2007 2
8.2 Usulan Program Kerja Utama 2
8.3 Data waktu tunggu lulusan 2
8.4 Data jumlah dosen yang publikasi hasil risetnya 2004-2006 2
8.5 Data publikasi hasil riset tingkat UI 2

1 Pendahuluan

FMIPA sebagai bagian dari UI dengan keunggulan riset sains dan terapannya akan mendukung terwujudnya visi UI menjadi Universitas riset kelas dunia. Jalan yang akan ditempuh adalah dengan optimalisasi produk penelitian FMIPA, sehingga diharapkan kualitas pendidikan akan meningkat, pelayanan kepada masyarakat dapat lebih baik serta kesejahteraan dapat lebih dirasakan, bersama.
Keinginan melayani dan menyumbangkan sesuatu, berdasarkan pengalaman beberapa tahun di Fakultas, berinteraksi intensif dengan Departemen dan Universitas, serta masukan dari berbagai pihak, agar kondisi FMIPA yang saat ini telah baik dapat menjadi lebih baik lagi, merupakan dorongan yang memotivasi, penyusunan makalah ini, yang mudah-mudahan dapat dilihat dan diambil manfaatnya bagi siapapun.
Makalah ini disusun berdasarkan keinginan bersinergi dengan Rencana Strategis UI 2007-2012 dimulai dari upaya memotret kondisi MIPA saat ini dengan analisa SWOT bersama beberapa staf dari beberapa Departemen, melahirkan beberapa sasaran strategis serta strategi dasar pencapaiannya.
Di era globalisasi, saat ini FMIPA telah memberikan peran dalam cukup banyaknya publikasi Internasional (lampiran 3), beberapa SDM telah memiliki reputasi Internasional, serta beberapa paten. Hadirnya “center of excellence” Nano Technology, serta Genome, akan semakin memperkuat keunggulan riset FMIPA. Peran ini dapat lebih ditingkatkan secara bersama-sama, membangun sinergi mengatasi beberapa kelemahan, sehingga FMIPA menjadi Fakultas yang “dirasakan kehadirannya” di level nasional dan ASEAN.
2 Permasalahan Strategis

Melalui analisa SWOT (lampiran 1), potensi yang dimiliki FMIPA, terutama potensi risetnya (lampiran 2 dan 3), menghadapi kendala untuk dapat berkembang dengan lebih cepat. Secara internal FMIPA masih memiliki persoalan dalam hal-hal berikut yang sangat diharapkan oleh sivitas akademika dapat lebih baik di kepemimpinan yang akan datang:
1. Kebersamaan dan keterbukaan, belum dirasakan
2. Belum optimal dan kurang fokusnya pengelolaan potensi riset
3. Belum terwujudnya sistem remunerasi yang kompetitif dan proporsional
4. Pelayanan kepada sivitas akademika, diantaranya kenaikan pangkat masih perlu dioptimalkan
5. Waktu tunggu lulusan yang relative belum singkat (lampiran 4)

3 Visi dan Misi Fakultas

Untuk tercapainya visi Universitas, maka visi FMIPA-UI adalah “Mendukung Terwujudnya Universitas Riset Kelas Dunia” . Dengan keunggulan riset sains dan terapannya maka misi yang akan diwujudkan adalah “Mengoptimalkan Produk Penelitian FMIPA-UI untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan, Pelayanan Kepada Masyarakat dan Kesejahteraan”.

4 Sasaran Strategis

Sebagai penjabaran visi dan misi di atas dan mengacu pada analisa SWOT yang telah dilakukan, maka sasaran strategis FMIPA adalah :
1. Akreditasi Internasional
2. Peningkatan jumlah publikasi internasional
3. Mempersingkat waktu tunggu lulusan
4. Peningkatan jumlah kerjasama dengan industri
5. Sistem remunerasi performance based yang kompetitif & proporsional

fishbone.jpg

5 Gambaran Umum Aktifitas Strategis

Dengan bertitik tolak pada analisa Strength, Weaknesses, Opportunities, Threats (SWOT) yang telah dilakukan, serta menimbang sasaran strategis yang ingin dicapai, maka untuk pengembangan FMIPA untuk jangka waktu 2008- 2012, diperlukan 3 strategi dasar, fish bone dari posisi ketiga strategi tersebut divisualisasikan dalam Gambar 1:
1. Services
2. Quality Management System
3. Excellences

Pencapaian visi, misi dan sasaran strategis tidak akan dicapai tanpa dukungan dari sivitas akademika Fakultas MIPA UI. Karenanya rencana strategis dimulai dengan membangun kebersamaan, menjalin sinergi melalui keterbukaan, keterlibatan aktif semua komponen, serta memperkuat pola koordinasi dengan paradigma tiga strategi dasar, yaitu Services (pelayanan), Quality Management System dan Excellences.

Services (Pelayanan)
Strategi Dasar pertama adalah memberikan layanan yang terbaik kepada semua sivitas akademika FMIPA UI menuju pencapaian sasaran-sasaran strategis yang telah disebutkan di atas. Strategi dasar yang pertama ini sarat akan nilai dan norma yang akan menjadi motivasi, jiwa dan etos kerja bagi sivitas akademika FMIPA UI. Untuk mencapai strategi dasar yang pertama ini maka perlu dilakukan penguatan-penguatan untuk mengokohkan paradigma berfikir “menjadi yang lebih professional dan terbaik (be more professional and be the best serving)” dalam semua bentuk layanan yang diselenggarakan FMIPA, baik layanan akademik maupun layanan non akademik.
Upaya membangun kebersamaan dan kedekatan, diantaranya dengan melakukan pertemuan rutin coffee morning atau makan siang bersama pimpinan dengan seluruh dosen, yang selain dapat menyerap aspirasi dan masukan juga sebagai sarana sosialisasi serta penyampaian transparansi kondisi keuangan.
Upaya membangun keunggulan melalui intake mahasiswa yang berkualitas, namun tetap memperhatikan representasi putra-putri terbaik yang tidak mampu dalam mengakses layanan pendidikan tinggi yang berkualitas, perlu mengembangkan sistem subsidi silang. Beasiswa dapat bersumber dari keterlibatan alumni dan CSR industri.

Quality Management System (Membangun Sistem Manajemen Mutu)
Strategi Dasar kedua adalah membangun sistem manajemen mutu. Strategi dasar kedua ini merupakan penguatan dari strategi dasar yang pertama. Untuk memberikan layanan yang profesional dan terbaik di bidang akademik maupun non akademik, diperlukan pembangunan suatu sistem yang mapan. Sistem ini mengatur semua alur logis jenis, bentuk, pelaksana, model evaluasi, reward dan punishment, pelaporan dan pertanggung jawaban dari semua bentuk layanan yang dilakukan FMIPA UI. Sistem Manajemen Mutu ini harus dibangun dengan memperhatikan prinsip-prinsip transparansi, akuntabilitas dan profesionalitas sebagaimana diuraikan dalam permasalahan strategis yang dihadapi FMIPA UI. Proses pembangunan Sistem Manajemen Mutu dilakukan dengan memperhatikan bench marking dari Sistem Manajemen Mutu yang telah berhasil diterapkan di tempat lain. Selain itu, pembangunan Sistem Manajemen Mutu ini pun dilakukan dengan melibatkan semua elemen sivitas akademika FMIPA UI agar sistem yang dibangun benar-benar menggambarkan profile FMIPA UI yang sesuai dengan Visi, Misi dan Sasaran Strategisnya.
Selanjutnya penyempurnaan system manajemen mutu akan mengacu pada standar penilaian akreditasi perguruan tinggi yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi yang meliputi : Jati Diri, Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran, Kemahasiswaan, Dosen dan Tenaga Pendukung, Kurikulum, Sarana dan Prasarana, Pendanaan / Keuangan, Tata Pamong (Governance), Pengelolaan Program, Proses Pembelajaran, Suasana Akademik, Sistem Informasi, Sistem Jaminan Mutu, Lulusan dan Alumni, Penelitian, Publikasi, Tugas Akhir/ Skripsi/ Thesis/ Disertasi dan Peran serta Masyarakat, Beberapa hal strategis yang akan diterapkan adalah Performance Based Merit System, yang akan membuat dosen “tenang bekerja”, karena tidak perlu pusing di masa “paceklik” serta sistem informasi Administrasi, yang akan membantu pelayanan sehingga setiap surat masuk dan keluar dapat terpantau secara online.

Excellences (Membangun Keunggulan)
Strategi Dasar ketiga adalah membangun semua potensi yang dimiliki sivitas akademika FMIPA UI untuk menjadi Potensi Keunggulan FMIPA yang selaras dengan Potensi Keunggulan yang diharapkan UI. Selain untuk membangun keunggulan FMIPA UI, strategi dasar ketiga ini secara bersamaan dapat mendukung aktivitas strategis yang telah dicanangkan UI. Sebagai misal, pergeseran paradigma ilmu pengetahuan yang menekankan pendekatan multidisiplin dan interdisiplin dengan membangun kerjasama inter dan intra dalam rumpun ilmu, disamping kompleksitas permasalahan bangsa memerlukan upaya Universitas Indonesia untuk menetaskan pemikiran-pemikiran strategis yang didekati dengan pengembangan ilmu, kajian dan riset yang interdisipliner dan bersifat terapan.
Selanjutnya optimalisasi pengelolaan potensi dan SDM riset yang focus dalam kluster/grup riset berdasarkan kekuatan real di FMIPA, menyusun proposal pengadaan peralatan dan melakukan lobi yang kuat ke Eksekutif & Legislatif adalah upaya strategis membangun keunggulan FMIPA. Selain itu, optimalisasi juga perlu dilakukan pada produk-produk riset, baik yang sudah ada maupun yang sedang dilakukan. Salah satu langkah yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan linkage dengan industri terkait dengan produk unggulan. Linkaging dapat dilakukan dalam bentuk kerjasama riset untuk mempertajam keunggulan yang diperoleh dan lebih bersifat pengembangan sainsnya, selain itu dapat juga dalam bentuk kerjasama yang lebih bersifat pengembangan industri berupa produksi dalam skala yang lebih besar dan kerjasama pemasaran. Dalam pengembangan tersebut, dapat juga dilakukan sinergi berupa penyerapan SDM Fakultas (Staf pengajar, mahasiswa, staf karyawan dll) untuk terlibat secara langsung dalam proses produksi dan penguatan riset sainsnya untuk mendapatkan nilai tambah dari kerjasama dan optimalisasi produk penelitian tersebut.
Upaya memperpendek waktu tunggu lulusan, adalah dengan membentuk CDC (Career Development Center), yang selain memberi pembekalan, juga secara aktif menghubungkan dan memfasilitasi lulusan dengan dunia kerja. Proses ini sangat membutuhkan kelaikan mutu lulusan. Dengan penetapan standar kompetensi lulusan serta penjaminan mutu, akan mempercepat lulusan “diserap” dunia kerja.
Upaya menjalin kolaborasi riset dan proaktif dalam memenangkan dana riset, dukungan aktif terhadap kemampuan lab-lab dalam melayani serta pusat-pusat studi yang telah eksis, menjalin kerjasama dengan industri dengan diantaranya memanfaatkan jaringan alumni, diharapkan akan menghasilkan “income” yang dapat meningkatkan kesejahteraan.

6 Strategi Pencapaian

Dalam mengimplementasikan Tiga Strategi Dasar di atas, strategi pencapaian untuk empat tahun kedepan (2008-2012) dilakukan berdasarkan beberapa tahapan. Tahapan pertama (2008-2009) merupakan tahapan pengkondisian dan konsolidasi Fakultas. Hal ini perlu dilakukan mengingat setiap perubahan perlu dilakukan langkah-langkah persiapan agar rancangan dan implementasinya sesuai dengan yang diharapkan. Tahapan kedua (2009-2010) lebih ditekankan pada aspek layanan akademik, pembangunan sistem manajemen mutu yang berfokus pada penataan mutu akademik, SDM, organisasi dan pengembangan keuangan fakultas dengan mengacu pada kebijakan UI dan pembangunan di bidang riset-riset Unggulan (Center of Excellence in Research). Tahapan ketiga (2010-2011) menekankan pada aspek profesionalitas layanan, penerapan system manajemen mutu dan pengembangan keunggulan produk riset untuk dapat berstandar internasionalisasi dan integrasi rumpun keilmuan yang nantinya melibatkan banyak disiplin ilmu (cross-discipline). Tahapan keempat (2011-2012) menitikberatkkan pada perluasan jaringan kerjasama.

7 Indikator Kinerja Utama

Dalam makalah ini, kami berusaha menyusun indikator kinerja utama untuk setiap strategi dasar yang telah disusun sebagai berikut.
Services:
1. Semakin singkatnya waktu tunggu lulusan
2. Peningkatan jumlah staf non-akademik mencapai kenaikan golongan setiap 4 tahun
3. Peningkatan jumlah staf akademik mencapai kenaikan golongan setiap 2 tahun
4. Peningkatan salary yang signifikan
Quality Management System:
1. Terbangunnya system yang disepakati bersama
Excellences:
1. Kerjasama riset inter dan intra rumpun ilmu
2. Peningkatan jumlah publikasi Internasional
3. Peningkatan jumlah mahasiswa yang memenuhi standar kompetensi lulusan
4. Peningkatan jumlah kerjasama dengan industri yang menghasilkan

8 LAMPIRAN

8.1 SWOT MIPA 2007
8.2 Usulan Program Kerja Utama
8.3 Data waktu tunggu lulusan
8.4 Data jumlah dosen yang mempublikasikan hasil risetnya 2004-2006
8.5 Data publikasi hasil riset tingkat UI

Lampiran 1 : MATRIKS SWOT MIPA 2007

OPPORTUNITIES (O)
1. Jaringan alumni dan kerjasama industri
2. Peluang dana riset dari pemerintah dan kolaborasi
3. Peluang dana untuk pengadaan peralatan dan sarana gedung dari APBN
4. Peluang kerjasama riset di tingkat nasional & internasional (key: nama besar UI)
5. Peluang pengembangan ventura/enterpreneurship
6. Peluang menjadi leader di tingkat nasional
7. Integrasi dengan FT & Fasilkom THREATS (T)
1. Kelembaman
2. Persaingan dunia kerja semakin ketat
3. Masyarakat menginginkan BOP rendah tapi mutu pendidikan tinggi
4. Daya tarik aktifitas penghasil “income” di tempat lain
5. Kompetitor dari PT lain6.
STRENGTHS (S)
1. Reputasi dan citra, secara umum masih baik
2. Jumlah Doktor dan variasi bidang ilmu yang memadai
3. Kompetensi SDM relative tinggi dan beberapa telah memiliki reputasi internasional
4. Hadirnya “center of excellence” Nano Technology, serta Genome
5. Kerjasama industri sudah mulai terbangun
6. Bidang riset unggulan yang dimiliki oleh Departemen
7. Alumni FMIPA yang menduduki posisi strategis di pemerintahan dan industri
8. Sistem di bidang akademik telah mulai terbentuk SO Strategies
1. Meningkatkan daya saing kompetitif di tingkat regional & global
2. Meningkatkan inovasi, kreativitas dan produktivitas akademik (knowledge enterprise) melalui riset-riset multi disiplin
3. Pengelolaan potensi & SDM riset yang fokus dengan membentuk kluster/grup riset berdasarkan kekuatan real di FMIPA
4. Menjalin kolaborasi riset dan proaktif dalam memenangkan dana riset
5. Menyusun proposal pengadaan peralatan dan melakukan lobi yang kuat ke Eksekutif & Legislatif
6. Pengembangan ventura yang berbasis MIPA ST Strategies
1. meningkatkan sumber pendanaan dari pihak ketiga
2. Mengembangkan FMIPA menjadi Fakultas top di level nasional dan ASEAN
3.
WEAKNESSES (W)
1. Pengelolaan potensi riset yang lemah dan tidak fokus
2. Renstra Fakultas yang belum disusun bersama: Pimpinan Fakultas, Pimpinan Departemen, SAF dan DGBF
3. Koordinasi Pimpinan Fakultas-Pimpinan Departemen-SAF-DGBF
4. Belum menjadi Good Governance
5. Kurangnya paradigma pelayanan  resistansi masih tinggi
6. System remun belum kompetitif
7. Ketergantungan pendanaan pada sumber dana BOP masih tinggi
8. Waktu tunggu lulusan mendapatkan pekerjaan
9. Kualitas lulusan dipertanyakan

WO Strategies
1. Standarisasi dan peningkatan remunerasi SDM melalui sumber-sumber pendanaan pihak ketiga
2. Pengelolaan potensi riset yang lemah dan tidak fokus
3. Menyusun Renstra Fakultas bersama: Pimpinan Departemen, SAF dan DGBF
4. Menyusun dan memperkuat pola koordinasi: Pimpinan Fakultas-Pimpinan Departemen-SAF-DGBF
5. Mengembangkan “good governance”

WT Strategies
1. Membentuk system
2. Menerapkan paradigma pelayanan
3. Menerapkan standar kompetensi lulusan
4. Membentuk tim marketing lulusan (CDC)
5. Membentuk tim audit
6. Memperjuangkan peningkatan salary dosen dan karyawan melalui Pimpinan Universitas
7.

Lampiran 2 : Usulan Program Kerja utama

No Sasaran Program Pelaksanaan Indikator kinerja
Riset dan Kerjasama
Ditingkatkannya peran DGBF dan BPMAF untuk meningkatkan kualitas riset dan pengajaran serta etika akademik Merevitalisasi fungsi dan peran DGBF 2008 Pedoman kerja bagi DGBF untuk peningkatan mutu riset dan pengajaran
Meningkatkan peran Guru Besar sebagai ujung tombak penggerak riset
2008-2012 Terbentuknya kelompok peneliti yang diketuai oleh Guru Besar
Meningkatkan peran Guru Besar sebagai pembina para calon Guru Besar
2008-2012 Meningkatnya jumlah Guru Besar tiap tahun.
Ditingkatkannya jumlah mahasiswa Pasca Sarjana sebagai pencerminan research university

Melakukan kerja sama dengan Instansi Pemerintah dan Swasta agar menyekolahkan para pegawainya di Pasca Sarjana FMIPA.
2008-2012 Meningkatnya jumlah mahasiswa Pasca Sarjana
Mendorong Program Studi Pasca Sarjana untuk membuat peminatan baru yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat pengguna.
2008-2012 Terbentuknya Peminatan baru di Program Studi
Ditingkatkannya jumlah artikel yang ditulis oleh dosen Memberikan bantuan dana dan kemudahan kepada dosen yang akan mengirimkan artikel pada jurnal internasional atau nasional
2008-2012 Meningkatnya jumlah artikel dosen yang dipublikasikan dan dipresentasikan pada forum ilmiah
Memberi insentif bagi dosen yang artikelnya diterbitkan pada jurnal internasional atau nasional
2008-2012 Meningkatnya jumlah artikel yang dipublikasi.
Ditingkatkannya Akreditasi Jurnal ilmiah yang dimiliki FMIPA Memberikan suntikan dana untuk jurnal-jurnal yang ada di FMIPA untuk dapat meningkatkan jumlah eksemplar dan mutu setiap penerbitan.
2008-2012 Terakreditasinya jurnal yang ada di FMIPA
Meningkatnya jumlah publikasi
Mendukung terlaksananya seminar ilmiah tahunan MIPA 2008-2012
Mewajibkan publikasi sebagai syarat mahasiswa pasca yang akan sidang 2008-2012
Ditingkatannya Dana Riset sebagai konsekuensi research university

Memberikan kemudahan dan bantuan dana untuk pengajuan proposal penelitian nasioanal dan internasional
2008-2012 Meningkatnya jumlah yang dihasilkan oleh FMIPA
Meningkatkan secara kualitaif dan kuantitatif Dana Riset Unggulan MIPA
2008-2012 Meningkatnya jumlah proposal penelitian yang dapat didanai
Memberikan jatah dana intensif riset (block grant) tiap Departemen 2008-2012 Meningkatnya penelitian di masing-masing Departemen.
Ditingkatkannya peran Pusat Studi dan lab-lab sebagai mesin pencari dana Memberikan fasilitas yang memadai untuk seluruh Pusat Studi dan lab-lab
2008-2009 Terciptanya suasana kerja yang nyaman untuk dapat melobi pemberi dana
Merevitalisasi peran Pusat Studi

2008 Pedoman kerja dan aturan maindari Pusat Studi sebagai penopang kegiatan riset dan pengajaran

Mendorong pembentukan pusat studi yang potensial mendapatkan dana
2008-2012 Munculnya beberapa pusat studi baru
Ditingkatkannya link dengan industri dan institusi riset dalam dan luar negeri Menjaga dan meningkatkan kerjasama yang telah terbangun 2008 – 2012 Meningkatnya jumlah link dengan industri dan institusi riset
Melibatkan alumni dalam pengembangan jaringan yang lebih luas 2008 – 2012
Akademik
Ditingkatkannya peran BPMAF untuk meningkatkan kualitas materi pelajaran dan pengajaran. Merevitalisasi fungsi dan peran BPMAF 2008-2012 Pedoman kerja bagi BPMAF dan terlaksananya penilaian mutu.
Diwujudkannya kurikulum pengajaran sesuai dengan road map UI Bekerjasama Univ. memetakan kurikulum program studi & menyusun kebijakan integrasi intra & antar rumpun ilmu 2008-2012 Terwujudnya kurikulum pengajaran sesuai dengan road map UI
Menyusun kurikulum tailor-made dg system major(80-100SKS)-minor 2008-2012
Diwujudkannya pengajaran berbasis riset, SCL, e-learning Menerapkan paradigma pengajaran active learning (SCL) 2008-2012 Terwujudnya pengajaran berbasis riset, SCL, e-learning
memanfaatkan kegiatan e-learning sebagai media proses pemelajaran 2008-2012
Dijaminnya mutu pengajaran Pembentukan tim mutu 2008-2012 Terjaminnya mutu pengajaran
Pembentukan tim audit 2008-2012
Kemahasiswaan
Diterapkannya standar kompetensi lulusan Memfasilitasi peningkatan kemampuan mahasiswa berbahasa Inggris 2008-2012 Score TOEFL meningkat
Mendorong mahasiswa beraktifitas untuk menumbuhkan kemampuab soft skills 2008-2012 Standar Kompetensi 5:3:1
Ditingkatkanya kualitas kegiatan mahasiswa Mendorong kegiatan mahasiswa yang dapat meningkatkan kemampuan berfikir ilmiah, kesehatan jasmani dan ketaqwaan. 2008-2012 Meningkatnya kegiatan kemahasiswaaan yang berkaitan dengan keilmuaannya serta keimannanya.
Mendukung kompetisi mahasiswa berprestasi di bidang penulisan ilmiah, penelitian, berbahasa Inggris serta aktifitas 2008-2012 Meningkatnya partisipasi mahasiswa dalam lomba mahasiswa berprestasi
Ditingkatkannya peran alumni Mendorong terbentuknya ikatan alumni yang solid 2008 Terbentuknya ikatan alumni
Mendukung upaya peningkatan kualitas interaksi dengan alumni 2008 – 2012
Non Akademik
Diterapkannya tata pamong dan tata kelola di Fakultas, Departeman dan Program Studi
Menata organisasi dan tatalaksana serta menerapkan SOP (Standard Operating Procedure) di setiap unit kerja 2008-2010 Setiap unit kerja sesuai SOP yang telah dibuat.
Ditetapkannya Performance based Merit System Bersama Departeman dan Universitas, menyusun Performance based Merit System untuk Dosen dan Karyawan 2008 Terwujudnya Performance based Merit System yang kompetitif
Pemberian reward dosen dan karyawan yang berprestasi 2008 – 2012
Terwujudnya perpustakaan yang handal Meningkatkan jumlah literatur serta komputer yang dimiliki
2008-2012 Jumlah buku dan unit komputer lebih banyak
Merenovasi Perpustakaan yang ada sehingga tercipta kenyamanan
2009 Semakin banyak dan lebih lama para pengguna di perpustakaan
Meningkatkan SDM perpustakaan 2008-2012 Semakin cakap para pustakawan.
Ditingkatkan fungsi humas Memberikan kebebasan kepada humas untuk dapat mempromosikan FMIPA ke semua pihak
2008-2012 Keberhasilan memperkenalkan potensi yang ada di FMIPA
Membuat brosur yang informatif
2008 Tersusunnya brosur yang baik
Memperbaiki website yang ada sehingga selalu up to date, lebih komunikatif dan interaktif
2008-2012 Website yang banyak dikunjungi.
Ditingkatkan keasrian dan kenyamanna lingkungan kampus Penambahan pohon peneduh serta fasilitas diskusi mahasiswa di luar kelas. 2008-2009 Meningkatnya jumlah pepohonan serta jumlah bangku taman.

Lampiran 3: Waktu tunggu lulusan September 2006 disurvey Mai 2007

SEPTEMBER ’06
No PS Σ Lulusan <3bln 3-6 bln 6-12 bln Rata-rata Waktu Tunggu
1 MATEMATIKA 39 4 4 2 4/12
2 FISIKA 31 5 2 1 2/28
3 KIMIA 43 3 1 3 5/28
4 BIOLOGI 30 8 3 7 4/13
5 FARMASI 60
6 GEOGRAFI 36 1 2 3/2

Ctt:
1. Sebagian besar menyatakan, sedang melamar pekerjaan, sisanya tidak terhubungi
2. Data ini memasukkan, lulusan yang bekerja part time
Lampiran 4: Jumlah dosen FMIPA yang publikasi

Departemen ΣDosen Σdosen S3 Σdosen yg publikasi
Matematika 32 9 2
Fisika 46 29 6
Kimia 31 15 10
Biologi 40 14 7
Farmasi 35 17 8
Geografi 32 7 2
228 91 35
40% 38%
Lampiran 5: Data Publikasi hasil riset tingkat UI

No Fakultas/Jurusan/ Departemen Bidang Ilmu Pengetahuan,
Teknologi dan Seni (IPTEKS)(*) Jumlah Hasil Penelitian yang Diterbitkan dalam Jurnal Ilmiah
Internasional Nasional Lokal
2004 2005 2006 2004 2005 2006 2004 2005 2006
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12
1 Kedokteran Kedokteran 3 3 12 5 2 3 3 7 6
2 Kedokteran Gigi Kedokteran Gigi 2 1 5 2 1 5 – – –
3 MIPA Sains 13 15 27 48 48 15 18 17 15
4 Teknik Teknologi & Rekayasa 5 7 96 37 44 222 6 6 7
5 Hukum – 1 1 8 3 1 3 1 – –
6 Ekonomi Ilmu Ekonomi – 1 8 40 22 4 18 12 –
7 Ilmu Pengetahuan Budaya Humaniora – – 5 3 7 7 12 2 2
8 Psikologi Psikologi & Sosial – – 1 7 16 6 5 13 16
9 Ilmu Sosial & Ilmu Politik – 1 1 2 – 1 5 2 2 3
10 Kesehatan Masyarakat Ekonomi Kesehatan 1 3 2 7 6 31 3 1 4
11 Ilmu Komputer IT, Sistem Informasi 2 3 3 – 4 2 – – 1
12 Ilmu Keperawatan Keperawatan – – 4 1 3 11 – – –
13 Program Pascasarjana – – – – – – – – –
Jumlah 28 35 173 153 155 314 68 60 54
%MIPA 46 43 16 31 31 5 26 28 28
%FT 18 20 55 24 28 71 9 10 13

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: